Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Mudah Membuat Bot Telegram Tanpa Coding

Cara Mudah Membuat Bot Telegram Tanpa Coding

Cara Mudah Membuat Bot Telegram Tanpa Coding - Aplikasi telegram menjadi salah satu pesaing aplikasi messenger lainnya. Dengan kelebihan dan fitur yang canggih membuat banyak orang pindah ke telegram. Banyak sekali kelebihan yang mereka tawarkan untuk penggunanya. Salah satunya membuat bot atau robot telegram yang bisa mewakili sobat jika sibuk dengan kerja di dunia nyata.

Baik pemula maupun sudah lama menggunakan aplikasi telegram ingin mengetahui cara membuat bot telegram yang bisa membantu sobat.

Nah sesuai judul postingan saya yaitu "Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding". Bagi sobat yang tertarik dengan membuat bot telegram, jangan kuatir walaupun tidak bisa coding, sobat bisa membuatnya.

Cara ini merupakan yang paling mudah dari semua cara yang mungkin sobat cari selama ini. Sobat penasaran? caranya kita memanfaatkan bot telegram lain yang sudah di sediakan oleh development pencinta telegram. Oke kita langsung ke tkp..





Mengambil Token Dari Bot Father

Kode token api merupakan tanda awal atau tanda lahirnya sebuah bot telegram. Tanpa kode tersebut, bahkan programer pun tidak bisa membuat bot. Hari ini sangat penting.
  • Dalam aplikasi telegram sobat cari @BotFather atau http://t.me/BotFather, kemudian klik /newbot seperti pada contoh gambar di bawah ini.
  • Jika sobat klik /newbot, akan ada balasan seperti gambar berikut ini.
  • Silahkan sobat ketik nama bot yang di inginkan dan kirim kembali ke bot father seperti contoh gambar berikut.
  • Setelah nama bot sobat, sekarang buat nama link sobat dan di akhiri dengan kata Bot. Lihat contoh gambar di bawah.
  • Bot sobat sudah lahir dengan tanda kelahiran berupa Kode API yang saya sreenshoot di bawah ini. Kode ini harus di simpan karena ke tahap berikutnya akan memerlukan kode API ini.
Sobat bisa mencoba klik link bot yang di kasih bot father untuk cek apakah bot sudah merespon atau belum. Yang pastinya belum, karena baru lahir. Sobat perlu mengaktifkan atau melatih bot tersebut dengan bantuan bot pencipta bot.

Membuat Bot Telegram

Nah untuk mengatur bot yang di buat bekerja sesuai keinginan sobat, harus teliti dalam menginput datanya. 
Berikut ini penjelasannya tentang cara memanfaatkan bot @Manybot:
  • Silahkan sobat klik  @Manybot atau http://t.me/Manybot.
  • Kemudian sobat klik Create a New Bot dan hasilnya akan seperti gambar berikut.
  • Nah karena sobat sudah membuat kode API melalui @BotFather, silahkan sobat klik I've Copied the API token. Maka manybot akan membalas seperti gamabar berikut.
  • Silahkan sobat copy kode tadi yang di dapat dari @BotFather kemudian paste ke @Manybot. Tampilan akan seperti gambar di bawah ini
  • Setelah tampilan seperti gambar di atas, silahkan sobat tulis deskripsi untuk bot sobat yang baru di buat.
  • Selamat bot sobat sudah bisa merespon atau dapat di gunakan dalam grup maupun channel telegram.
  • Untuk membuat menu pilihan pada bot bisa langsung klik link bot dan sobat mengaturnya dengan mudah.
  • Klik Mulai untuk mengatur menu pada bot sobat. Kemudian akan tampil gambar berikut.
Menu yang tersedia hanya untuk sobat karena merupakan admin atau pemilik bot. Jika di temukan bot tersebut oleh teman atau orang lain maka tidak akan tampil seperti menu di atas. Maka dari itu untuk tampilan menu untuk orang lain, sobat bisa mengaturnya lewat Custom Commands.

Oke sampai di sini dulu pembahasan membuat bot telegram tanpa coding. Silahkan sobat coba-coba utak atik menu adminnya, siapa tau bisa membuat menu bot tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya, silahkan sobat baca artikel : Cara Membuat Menu Pada Bot Telegram .





Semoga Cara Mudah Membuat Bot Telegram Tanpa Coding ini bermanfaat untuk sobat pengunjung. Terima kasih atas kunjungannya dan silahkan tinggalkan komentar sobat.
Open Comments